Inspirasi itu Dicari atau Didapat Secara Tidak Sengaja?

Inspirasi itu Dicari atau Didapat Secara Tidak Sengaja

Dalam menulis, inspirasi itu sangat dibutuhkan. Jika kepala penulis penuh dengan inspirasi, maka menulis rasanya lancar jaya. Namun, jika kepala buntu, maka terkena yang namanya writer block yang menjadi masalah bagi setiap penulis. Dalam hal inspirasi, apakah inspirasi itu dicari atau didapat secara tidak sengaja?

Banyak yang beranggapan inspirasi itu didapat secara tidak sengaja. Namun banyak juga beranggapan inspirasi harus dicari. Sebenarnya mana yang betul, dicari atau didapat secara tidak sengaja?

Inspirasi itu Dicari atau Didapat Secara Tidak Sengaja?

Baiklah …. untuk melihat perdebatan tersebut menjadi clear, maka marilah kita melihat beberapa pertimbangan. Karena dengan melihat beberapa pertimbangan mampu memberikan kepada kita mengenai gambaran yang jelas.

1. Inspirasi Dicari

Yang beranggapan inspirasi itu dicari adalah orang yang membutuhkan ide penulis dengan waktu cepat. Baginya, menulis itu adalah bagian hidupnya. Maka dari itu, dia butuh inspirasi yang didapat dengan cara cepat.

Masalahnya, bagaimana menemukan inspirasi tersebut? Mau tidak mau, inspirasi itu harus dicari.

Di mana mereka mencari inspirasi tersebut? Bisa didapat di tempat tertentu, misal di tempat rekreasi, perpustakaan, rumah, dan lain-lain. Namun, mencari inspirasi itu bukanlah pekerjaan mudah karena harus jeli memperhatikan sesuatu. Oh ya, banyak membaca juga mampu mendatangkan inspirasi.

Kelebihan Jika Inspirasi Dicari
Kelebihan jika inspirasi itu dicari ialah mampu mendatangkan inspirasi lebih cepat sehingga dapat menulis dengan lebih cepat. Dengan demikian, tulisan semakin cepat dan hasilnya memuaskan. Masalah memuaskan atau tidak tulisan tersebut tergantung sih, tergantung siapa yang menilai.

Kekurangan Jika Inspirasi Dicari
Kekurangan jika inspirasi dicari lebih ke masalah biaya dan tenaga. Karena pastinya membutuhkan tenaga yang lebih besar daripada biasanya. Karena inspirasi itu susah didapat, sehingga membutuhkan tenaga ekstra. Hal tersebut berdampak pada biaya yang dikeluarkan.

2. Inspirasi Didapat Secara Tidak Sengaja

Inspirasi bisa datang dari mana saja dan tanpa disengaja. Inspirasi itu bisa datang secara tiba-tiba dan itu memuaskan penulis untuk bercerita.

Jika inspirasi datang secara tidak disengaja, itu bisa disebut inspirasi secara tidak terduga. Dengan demikian, hasil yang didapat memuaskan. Untuk masalah basil memuaskan, tergantung siapa yang nilai.

Kelebihan Jika Inspirasi Didapat Secara Tidak Sengaja
Kelebihan dari inspirasi didapat secara tidak Sengaja itu, penulis rasanya bukan Lagi hambatan. Si penulis mampu menuliskan sepanjang apapun dengan senyuman. Rasanya dia senang menuliskan tersebut.

Kekurangan Jika Inspirasi Didapat Secara Tidak Sengaja
Inspirasi itu datang secara tiba-tiba dan tanpa terduga maka membutuhkan waktu yang sangat panjang. Tidak satu orang pun yang mampu memprediksi kapan inspirasi itu datang. Bisa saja setahun kemudian inspirasi itu datang.

Jadi, Pilih Inspirasi Dicari atau Didapat Secara Tidak Sengaja?

Untuk menjawab pertanyaan itu, tidak boleh egois. Banyak pertimbangan yang harus dipertimbangkan. Jawaban sebenarnya dari pertanyaan itu masalah “relatif”.

Untuk sebagian orang, menjadi inspirasi adalah keharusan, mungkin Karena professional dia sebagai penulis atau keinginan menulis dia tidak terbendung.

Namun, Ada juga yang beranggapan inspirasi itu didapat secara tidak sengaja. Karena baginya, inspirasi yang didapat secara tidak sengaja itu memberikan motivasi menulis yang tidak terbendung.

Kesimpulannya, setiap orang berbeda. Tergantung keadaan dia bagaimana dan bagaimana dia menilai tulisan itu.

Penutup 

Menulis memang membutuhkan inspirasi yang sangat banyak. Menulis tanpa inspirasi itu sama dengan menulis dengan keterpaksaan. Dan tentu saja, menulis dengan keterpaksaan, hasil yang didapat tidak memuaskan.

Seharusnya, menulislah dengan hati yang riang tanpa ada keterpaksaan. Karena sejatinya, menulis dengan terpaksa itu akan menyiksa batin.

Baca juga: 6 faktor kenapa naskah fiksi ditolak penerbit mayor

Inspirasi itu dicari atau didapat secara tidak sengaja? Dua-duanya oke tuh.

2 COMMENTS

  1. kalau saya nih mas, kebanyakan kalau nulis buat lomba ya kudu dan wajib banget masuk di kategori ‘inspirasi yang dicari”. macam nyari referensi sama ide juga. tapi kalau nulis blogpost yang macam curhat atau mbahas yang ringan – ringan gitu, bisa dibilang masuk ke “inspirasi yang tidak sengaja”. bener emang, tiba-tiba pas mau tidur, atau pas lagi bengong ngga ada kerjaan sering dapet “wangsit”. wah kayanya nulis materi A, enak nih. pas nulis juga ngga bakal kehabisan kata-kata, ngalir gitu aja 🙂

  2. Wah iya, inspirasi itu bisa datang dari berbagai jalan, dicari atau datang sendiri… yang penting harus segera dieksekusi. Hehe…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here