6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Pengeluaran Setiap Bulan

Setiap bulan kita menerima gaji, dan tentu kita haru pintar-pintar mempersiapkan keuangan bila ingin bertahan sampai akhir bulan. Dan juga, kita seharusnya memiliki tabungan dari pendapatan kita setiap bulan. Maka dari itu, ada hal yang harus dipersiapkan untuk pengeluaran setiap bulan.

Persiapan ini merupakan kebutuhan pokok Anda. Artinya, Anda harus mempersiapkan ini apapun yang terjadi. Jangan sampai mempersiapkan kebutuhan selain kebutuhan pokok. Bila hal ini terjadi, Anda tidak dapat mengatur keuangan Anda. Anda harus memikirkan, gaya atau butuh keuangan di masa mendatang.

Tanpa mempersingkat kata, berikut 6 hal yang harus dipersiapkan untuk pengeluaran setiap bulan.

Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Pengeluaran Setiap Bulan

1. Uang Makan Sehari-Hari
Setiap manusia butuh makan. Hal ini demi mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Jika manusia tidak makan, maka banyak sekali kesialan yang mendatangi mereka.

Maka dari itu, persiapkan terlebih dahulu uang makan Anda sehari-hari. Perkirakan berapa rupiah yang Anda butuhkan untuk makan tersebut. Tapi ingat! Makan adalah kebutuhan utama. Namun, dengan siapa dan dimana Anda makan bukanlah kebutuhan utama.

2. Pulsa, Internet, dan Tagihan Lainnya
Zaman sekarang ini, setiap orang membutuhkan smartphone. Smartphone tersebut membutuhkan internet. Hal ini untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, persiapkan juga uang pulsa, internet, kos (bila Anda kos), uang listrik, hingga transportasi.

Pastikan pengeluaran tersebut dapat lebih efisien. Dan juga pastikan untuk menekan pengeluaran tersebut. Seperti paket internet, pastikan memilih paket internet yang harga terjangkau dan juga memiliki kecepatan yang cukup untuk Anda.

3. Kebutuhan Sehari-Hari Anda
Kebutuhan sehari-hari itu seperti sabun, pasta gigi, sabun cuci pakaian, pembersih wajah, parfum, hingga deodorant. Bagi wanita ada tambahan lain seperti pembalut, alat make up, dll. Maka dari itu, pastikan untuk mempertimbangkan pengeluaran ini.

4. Pengeluaran Dadakan
Pasti ada saja pengeluaran dadakan setiap bulannya dan ini harus Anda antisipasi. Seperti, pergi ke pesta pernikahan, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang, bukan?

Dan juga, jika Anda mempunyai kendaraan, pastinya suatu saat kendaraan Anda akan bermasalah. Entah itu ban bocor, perlu ganti oli, service, dll. Maka dari itu, pastikan jangan melewatkan pengeluaran ini.

5. Me Time
Ops, jangan lupa untuk mengalokasikan anggaran untuk Anda sendiri. Seperti waktu Anda berlibur, nonton di bioskop, makan di restoran, dll untuk memuaskan hasrat Anda. tapi harus jarang dilakukan, jangan sering.

Tetapkan pula anggaran untuk menjalankan hobi Anda juga. Maka dari itu, di balik Anda bekerja keras, Anda harus bisa menikmati hasilnya.

6. Investasi
Ini merupakan untuk masa yang mendatang. Memang investasi tidak terlihat dampaknya sekarang, tapi untuk masa mendatang sangat terlihat. Maka dari itu, investasi harus Anda persiapkan. Anda bisa memilih investasi dengan keuntungan tinggi tapi memiliki risiko yang tinggi pula, atau investasi memiliki keuntungan rendah dan risiko yang rendah pula.

Baca juga: 5 kesalahan keuangan tidak dilakukan orang kaya

Demikian 6 hal yang harus dipersiapkan untuk pengeluaran setiap bulan. Semoga kita semakin cermat dalam mengatur keuangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here