4 Gaya Penulisan dalam Sebuah Tulisan Fiksi dan Non fiksi

kebiasaan buruk ketika bekerja

Tentunya dalam sebuah tulisan baik tulisan fiksi maupun non fiksi adalah gaya penulisan. Setiap penulis mempunyai gaya penulisannya masing-masing. Ada satu khas dari mereka tersebut. Dan sepertinya penting juga untuk Anda ketahui.

Oh ya, terkadang jenis tulisan juga mewakili gaya penulisan loh. Misalnya gaya tulisan opini, sepertinya cenderung menggunakan gaya penulisan eksposisi maupun argumentasi. Kalau jenis tulisan cerpen sepertinya cenderung gaya penulisan narasi maupun deskripsi.

Namun, apakah mungkin tulisan opini memasukkan gaya penulisan narasi? Jawabannya mungkin banget. Ini tergantung si penulis meramu sebuah tulisan sehingga menjadi menarik untuk dibaca.

4 Gaya Penulisan

Baiklah, berikut 4 gaya penulisan dalam sebuah tulisan fiksi maupun non fiksi.

1. Eksposisi

Eksposisi adalah penulisan dengan uraian atau paparan yang tentunya bertujuan untuk menjelaskan suatu maksud atau tujuan. Berarti, dalam penulisan eksposisi, ada tujuan tertentu yang hendak disampaikan.

Tentunya eksposisi mengandalkan berbagai strategi agar maksud dan tujuan tercapai. Strategi tersebut meliputi:

  • Memberikan contoh
  • Memberikan proses
  • Menjelaskan sebab akibat
  • Menguraikan klasifikasi
  • Menguraikan definisi
  • Menguraikan analisis
  • Memberikan komparasi

Hmm kira-kira seperti ini contoh dari eksposisi:

Salah satu akibat dari penggunaan CFC (Chloro Fluoro Carbon) menyebabkan lapisan ozon semakin menipis. Berdasarkan laporan NASA, lubang ozon di Antartika telah mencapai 29 juta Km². Konsentrasi rata – rata lapisan ozon kurang dari 200 DU dan ini dikategorikan sebagai lubang ozon (Ozone Hole).

Dampak dari lubang ozon ini sangat mengkhawatirkan. Seperti yang diketahui, lapisan ozon mampu melindungi Bumi dari paparan sinar Matahari langsung. Sejatinya, sinar Matahari yang menyinari Bumi tidak secara langsung sampai ke Bumi, disaring terlebih dahulu oleh lapisan ozon. Jika lapisan ozon semakin menipis, dikhawatirkan tidak ada yang menyaring sinar Matahari tersebut. Terbukti dari suhu di Antartika semakin panas, dan parahanya lagi, beberapa es di benua Antartika tersebut mencair. Jika seluruh benua Antartika mencair, dikhawatirkan akan berdampak serius terhadap lingkungan.

2. Deskripsi

Deskripsi adalah penulisan dengan penggambaran kata-kata secara jelas dan terperinci. Artinya, deskripsi berusaha menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seolah-olah melihat objek tersebut, tentu saja dengan imajinasi si pembaca.

Pembaca seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau mengalami objek yang dideskripsikan dalam sebuah tulisan.

Hmm kira-kira seperti ini contohnya:

Mungkin benar apa yang dikatakan oleh orang banyak, bahwa patah hati itu begitu sakit. Ketika aku melihat dirinya bersama dengan pria lain, hal itu membuat hatiku tertusuk oleh ribuan jarum. Walaupun aku belum memastikan bahwa apakah dia ada rasa pada pria itu, namun senyuman wajahhnya telah menunjukkan kalau dia telah jatuh cinta.

Rasanya seluruh usahaku sia-sia. Aku berusaha sekuat tenaga untuk mengejar cintaku, namun cintaku kandas begitu saja. Rasanya aku terkurung dalam sebuah lemari besi, kedap suara, dan tak seorang pun di sini. Aku kesepian, menangis, dan kecewa. Aku menundukkan kepalaku sambil memeluk kedua lututku. Perasaan ini begitu sakit.

3. Narasi

Narasi adalah penulisan dengan pengisahan suatu cerita atau kejadian. Narasi berarti bercerita, bercerita mengenai peristiwa atau kejadian yang dikemukakan secara kronologis. Dimulai dari awal peristiwa hingga berkembang menuju klimaks, kemudian dari klimaks berakhir dengan sebuah ending.

Kira-kira seperti ini contoh dari narasi:

Aku jatuh cinta lalu aku patah hati. Aku terbuai oleh cinta sesaat lalu jatuh di jurang kesedihan teramat dalam. Aku jatuh cinta kepada gadis itu, aku berusaha membuat gadis itu tersenyum. Dia sepertinya membalas cintaku, dia selalu tersenyum bila di depanku.

Sayangnya aku tidak menyadari kalau itu hanyalah senyum palsu, senyum yang terpaksa demi menghargai aku. Hingga akhirnya aku mendengar kabar kalau kamu telah memilih pria lain, pria yang lebih baik dariku menurut pandangan kamu. Memandangimu dari kejauhan dengan menggunakan gaun putih, merupakan hal yang paling sakit.

4. Argumentasi

Argumentasi adalah penulisan mengenai alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Argumentasi sangat mengandalkan berbagai pertimbangan untuk memperkuatnya seperti informasi, data, dan fakta.

Kira-kira seperti ini contohnya:

Membuang limbah rumah tangga di sungai memang sangat berbahaya. Selain mampu menghambat aliran sungai yang nantinya mendatangkan banjir, juga mampu memunculkan persoalan lain. Limbah rumah tangga tersebut terdiri dari logam berat, yaitu timbal (Pb).

Mekanisme Pb di dalam organ tubuh yakni: sistem haemopoietik dimana Pb akan menghambat pembentukan hemoglobin (Hb), sistem saraf dimana Pb mampu menimbulkan kerasukan pada otak dengan gejala epilepsi, halusinasi, dan kerusakan otak besar, sistem urinaria dimana Pb menyebabkan ubulus proximalis, sistem kardiovaskuler dimana Pb mampu meningkatkan permeabilitas pembuluh darah, Sistem endokrin yang mana Pb mengakibatkan fungsi tiroiddan fungsi adrenal, dan bersifat karsinogenik pada doses tinggi.

WHO telah menetapkan batas konsumsi harian logam Pb yakni 3,5 pg/kg atau 0,0035 mg/kg dari berat badan. Dan konsumsi yang diperbolehkan dalam satu minggu bagi orang dewasa yakin 25 pg/kg berat badan dan bayi atau anak-anak 25 pg/kg berat badan. Dampak dari Pb dengan jumlah dosis berlebih yakni, pada anak-anak mampu menurunkan tingkat kecerdasan, gangguan metabolisme Vitamin D, gangguan pada pembentukan hemoglobin, mengalami gangguan ginjal maupun saraf pusat.

Jika kadar dalam tubuh melebihi 100 g/dl mampu menyebabkan kematian. Sedangkan pada orang dewasa menyebabkan gangguan sistolik darah, gangguan protoparaphyn erotrsit, gangguan sistem saraf pusat, gangguan ginjal, gangguan sintesa hemoglobin, dan bila kadar melebihi 100 g/dl dapat menyebabkan kematian.

Penutup

Berikut 4 gaya penulisan dalam sebuah tulisan. Jadi, jenis penulisan apa yang terbaik? Tidak ada yang terbaik maupun terburuk, semua itu tergantung dari penulis dalam meramu bingkai kata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here