4 Tips Mudah dan Cepat Mengetik 10 Jari
Kemampuan mengetik 10 jari untuk zaman sekarang ini sangat diperlukan. Sekarang, hampir keseluruhan hidup manusia tidak lepas yang namanya komputer. Di dalam komputer, ada yang namanya keyboard. Dan keyboard tersebut berfungsi untuk mengetik. Kemampuan mengetik dalam 10 jari, membuat segala urusan menjadi lebih mudah. Namun, bagaimana jika Anda tidak...
Bagaimana Cara Menulis Opini dan Menembus Koran
Banyak penulis ingin menulis opini dan menembus media massa, rasanya ada rasa kebanggaan tersendiri ketika menembusnya. Caranya juga sangat mudah. Hanya menulis opini tentang topik tertentu, kirim ke media massa, baik itu dalam bentuk hardcopy maupun softcopy, dan tunggu konfirmasi. Namun, diterima atau tidaknya tulisan itu merupakan hak media...
Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan tulisan, semua hal yang kita pikirkan maupun yang kita inginkan menjadi kenyataan. Dengan tulisan, kita dapat membantu ataupun menghibur orang lain. Sangat besar bermanfaat dari menulis. Bahkan, dosen saya pernah berkata, “Orang jenius, bisa dilihat dari tulisannya.” Namun, menulis adalah kegiatan yang membosankan....
9 Panduan Sederhana Teknik Menulis Yang Benar
Menulis itu bisa dikatakan mudah bisa dikatakan sulit. Bagi sebagian kecil orang mengatakan menulis itu mudah. Dan bagi sebagian besar orang mengatakan menulis itu susah. Contohnya, Sudah berapa banyak mahasiswa yang terkatung-katung skripsinya? Itu menunjukkan kalau menulis itu sulit. Maka dari itu, ada panduan sederhana teknik menulis yang benar. Teknik...
11 Tips & Panduan Menulis Skripsi Yang Baik dan Benar
Dalam penulisan skripsi atau karya ilmiah, pasti sudah tidak asing dengan namanya abstrak. Gimana sih menulis abstrak? Kayaknya abstrak itu ringkas banget deh, tapi kok ribet gitu nulisnya? Haha ada loh cara-cara menulis abstrak untuk skripsi dan karya ilmiah. Oh ya, untuk skripsi, beberapa cara yang saya sajikan tidak begitu...
11 Tips & Panduan Menulis Skripsi Yang Baik dan Benar
Pada semester akhir perkuliahan, Anda pastinya sudah hafal dengan kata “skripsi”. Itulah kata yang membuat mahasiswa lama banget wisuda. Kenapa? Karena menulis skripsi ya … bisa dikatakan mudah, bisa dikatakan susah sih. Maka dari itu, ada 11 tips & panduan menulis skripsi yang baik dan benar. Hehe dalam beberapa tips...
Paragraf Pertama Yang Menarik dengan 5 Teknik Jitu
Dalam sebuah cerita, terutama cerita cerpen, novel ataupun film. Pastinya tuh ada yang namanya akhir cerita. Nggak mungkin ada pembukaan tanpa ada akhir cerita. Begitu juga hidup. Nah … bagaimana memilih akhir sebuah cerita? Memilih happy ending, sad ending, atau cliffhanger? Tentunya dalam memilih akhir cerita tersebut, Anda harus tahu...
Paragraf Pertama Yang Menarik dengan 5 Teknik Jitu
Apakah Anda ingin membuat cerpen yang menarik? Yang tentunya penuh dengan adegan menyentuh dan syarat akan nasihat. Semua itu tidak akan berguna jika paragraf pertama tidak menarik. Cara membuat cerpen yang menarik tentunya memerlukan kalimat pembuka cerpen yang menarik. Pertanyaannya. Membuat kalimat pembuka cerpen yang menarik bisa juga diartikan membuat...