9 Panduan Sederhana Teknik Menulis Yang Benar
Menulis itu bisa dikatakan mudah bisa dikatakan sulit. Bagi sebagian kecil orang mengatakan menulis itu mudah. Dan bagi sebagian besar orang mengatakan menulis itu susah. Contohnya, Sudah berapa banyak mahasiswa yang terkatung-katung skripsinya? Itu menunjukkan kalau menulis itu sulit. Maka dari itu, ada panduan sederhana teknik menulis yang benar. Teknik...
11 Tips & Panduan Menulis Skripsi Yang Baik dan Benar
Dalam penulisan skripsi atau karya ilmiah, pasti sudah tidak asing dengan namanya abstrak. Gimana sih menulis abstrak? Kayaknya abstrak itu ringkas banget deh, tapi kok ribet gitu nulisnya? Haha ada loh cara-cara menulis abstrak untuk skripsi dan karya ilmiah. Oh ya, untuk skripsi, beberapa cara yang saya sajikan tidak begitu...
11 Tips & Panduan Menulis Skripsi Yang Baik dan Benar
Pada semester akhir perkuliahan, Anda pastinya sudah hafal dengan kata “skripsi”. Itulah kata yang membuat mahasiswa lama banget wisuda. Kenapa? Karena menulis skripsi ya … bisa dikatakan mudah, bisa dikatakan susah sih. Maka dari itu, ada 11 tips & panduan menulis skripsi yang baik dan benar. Hehe dalam beberapa tips...
Paragraf Pertama Yang Menarik dengan 5 Teknik Jitu
Dalam sebuah cerita, terutama cerita cerpen, novel ataupun film. Pastinya tuh ada yang namanya akhir cerita. Nggak mungkin ada pembukaan tanpa ada akhir cerita. Begitu juga hidup. Nah … bagaimana memilih akhir sebuah cerita? Memilih happy ending, sad ending, atau cliffhanger? Tentunya dalam memilih akhir cerita tersebut, Anda harus tahu...
Paragraf Pertama Yang Menarik dengan 5 Teknik Jitu
Apakah Anda ingin membuat cerpen yang menarik? Yang tentunya penuh dengan adegan menyentuh dan syarat akan nasihat. Semua itu tidak akan berguna jika paragraf pertama tidak menarik. Cara membuat cerpen yang menarik tentunya memerlukan kalimat pembuka cerpen yang menarik. Pertanyaannya. Membuat kalimat pembuka cerpen yang menarik bisa juga diartikan membuat...
4 Pilar Membuat Judul Menarik Minat Pembaca
Menentukan judul itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Hanya beberapa kalimat saja, ada malah yang hanya satu kalimat saja. Namun, judul adalah penentu kesuksesan sebuah tulisan. Jika judul tersebut menarik dan membuat pembaca ingin tahu lebih lanjut, maka sukseslah tulisan Anda. Jika tidak menarik? Anda bisa menebaknya. Maka dari itu...
4 Pilar Membuat Judul Menarik Minat Pembaca
Dalam sebuah tulisan, apapun jenis tulisannya. Apa yang pertama kali dilihat oleh pembaca? Jika Anda juga di posisi pembaca pastinya Anda juga memilih judul bukan? Jika judul menarik, Anda pun akan membaca tulisan tersebut. Ada pula yang mengatakan di bagian desain/sampul. Ok, tapi bagus desain/sampul sebuah tulisan. Jika judul tidak...
Sebisa Mungkin Hindari Tombol Backspace Saat Menulis
Apa itu tombol backspace dan apa kegunaannya? Kenapa saya mengatakan sebisa mungkin hindari tombol backspace saat menulis? Tombol backspace berguna untuk menghapus beberapa kata saat sedang menulis. Hal ini memang sangat berguna untuk memperbaiki kesalahan ketikan. Tapi ada hal negatifnya juga loh. Apa itu hal negatifnya. Hmm … sebelumnya dengarkan dulu teori...