Langkah Pertama Cara Menulis Buku Bagi Pemula

Cara Menulis Buku Bagi Pemula

Tidak ada salahnya Anda mencari tahu tentang cara menulis yang baik bagi pemula, cara menulis buku pdf, cara menulis buku ilmiah, cara menulis buku novel, cara belajar menulis buku bagi pemula, metode penulisan buku, tips menulis yang baik. Namun, sebaiknya Anda harus mengetahui langkah pertama cara menulis buku bagi pemula.

Karena semua hal itu percuma kalau Anda tidak memulai langkah pertama. Langkah pertama itu sangat penting. Seperti garis start ketika lomba lari. Langkah pertama sangat menentukan dalam kecepatan lari.

Sebenarnya, langkah pertama cara menulis buku bagi pemula sangat sulit. Wajar sih, namanya pertama kali. Kalau sudah berkali-kali baru rasanya mudah banget. Namun, sebelum menjadi profesional, tentu harus ada langkah pertama. Kalau tidak ada langkah pertama, maka tidak bakal jalan tulisannya.

Cara Menulis Buku Bagi Pemula

Nah, apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai cara menulis buku bagi pemula? Setidaknya ada empat hal yang perlu dilakukan secepat mungkin, tanpa ditunda pastinya.

1. Perkuat Niat

Jika ingin memulai sesuatu pastinya diperlukan niat. Jika ingin memulai belajar, maka dibutuhkan niat. Jika ingin memulai bermain, dibutuhkan niat. Jika ingin memulai menjadi guru dibutuhkan niat. Begitu juga dengan jika ingin menulis dibutuhkan niat.

Niatlah awal dari sebuah keinginan. Jika ada niat, maka keinginan tersebut akan berjalan semestinya. Jika tidak ada niat, maka keinginan tersebut tidak akan berjalan semestinya. Bahkan, terkesan memaksa.

Apakah ada orang yang melakukan sesuatu bukan karena niat, alias terpaksa? Banyak sekali. Misalnya dia belajar keras belajar kimia, padahal dia tidak ada niat sedikitpun untuk belajar kimia. Dia belajar kimia hanya untuk menghadapi ujian saja. Makanya wajar, setelah ujian, semua pelajaran yang dia pelajari lupa tak bersisa.

Ada juga orang yang terpaksa bekerja menjadi guru, padahal dia tidak ada niat sedikitpun untuk memberikan pengajaran yang terbaik bagi murid-muridnya. Alhasil, dia mengajar asal-asalan.

Jika tidak ada niat, memang hasilnya tidak akan baik. Segala hal yang dilakukan jika tidak ada niat menjadi terpaksa. Dan hasil sesuatu yang terpaksa pastinya tidak baik. Memang ada orang yang melakukan karena niat namun terpaksa? Ada. Yaitu orang yang ingin mengerjakan sesuatu, karena niat memang, namun mereka terpaksa untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya, agar hasilnya menjadi lebih baik.

Misalnya, Anda memiliki niat menulis. Maka Anda pun memulai sebuah tulisan. Anda adalah seorang pemula. Maka, cara menulis buku bagi pemula itu ada banyak cara. Mulai dari mempersiapkan tulisan, bahkan proses editing.

Seandainya Anda tidak begitu paham mengenai proses editing, apalagi yang namanya PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia), maka Anda terpaksa untuk mempelajarinya. Hal tersebut untuk menghasilkan kualitas tulisan yang bagus.

Apakah sesuatu yang terpaksa karena niat itu akan berat? Tidak ada berat. Jika ada niat, segalanya menjadi lebih mudah. Karena kita mengerjakannya dengan senang hati, bukan karena terpaksa.

Nah, setelah ada niat. Selanjutnya yang harus dilakukan tentang cara menulis buku bagi pemula adalah….

2. Tulis, tulis, dan tulis

cara menulis cerpen

Niat sudah ada, tapi tidak memulai langkah. Ada niat untuk berlari, tapi tidak berani untuk melangkah, apa yang terjadi? Tidak akan berlari. Begitu juga dengan menulis. Ada niat untuk menulis, tapi kalau tidak memulai menulis, tidak akan selesai tulisan tersebut.

Ada orang mengatakan, “Kesulitan terbesar dari menulis adalah memulai sebuah tulisan,” dan rasanya hal tersebut benar apa adanya. Karena memulai sebuah tulisan perlu yang namanya niat, mood, suasana bagus, atau dengan kata lain perlu memaksa diri untuk memulainya.

Jangan hanya mengumpulkan niat saja. Ambil alat menulis Anda (buku, jurnal, komputer) dan mulailah tulisan. Tulislah apa yang ada dibenak Anda. Kembangkan sesuai dengan imajinasi Anda.

Jangan takut kalau tulisan Anda banyak yang salah. berusahalah untuk tidak membacanya terlebih dahulu. Tulis, tulis, dan tulis hingga tulisan tersebut selesai seutuhnya. Jangan pikirkan kalau tulisan itu akan menjadi buruk atau baik.

Tulisan Anda buruk, tidak masalah. Tulisan Anda baik, tidak masalah. Hal ini bukan mengenai tulisan baik atau buruk, namun hal ini bagaimana Anda memulai langkah pertama mengenai menulis.

Entah itu hasilnya baik atau buruk, itu akan terlihat setelah Anda menulis yang ke seratus kalinya. Wajar jika tulisan pertama sedikit buruk, namanya langkah pertama cara menulis buku bagi pemula untuk mencoba. Tidak ada orang yang berhasil dengan langkah pertama, rata-rata gagal. Maka, janganlah berpikir mengenai kegagalan ketika langkah pertama.

Tulislah dan tulislah. Biarkan imajinasi berkembang. Dan biarkan jari jemari menari dengan bebasnya, menari sesuai dengan irama imajinasi. Hingga Anda tanpa sadar kalau Anda telah menyelesaikan tulisan Anda.

3. Lakukan editing kecil-kecilan

Selanjutnya cara menulis buku bagi pemula adalah melakukan editing kecil-kecilan. Jangan memaksakan dulu untuk mengedit sesempurna mungkin. Lakukan dulu editing kecil-kecilan. Baca perlahan tulisan Anda, dan perbaiki kesalahan typo. Itu saja dulu. Jangan dulu membahas mengenai tanda baca.

Lakukanlah hal yang kecil dulu sebelum melakukan hal yang besar. Setelah Anda menulis sekian kalinya, barulah Anda melakukan editing besar-besaran. Hal tersebut karena Anda sudah paham mengenai seluk beluk editing dan juga kesalahan dalam penulisan itu tidak aka menghentikan niat Anda untuk menulis. Bagi pemula, cukup lakukan editing kecil-kecilan.

Editing ini berfungsi sebagai pembelajaran bagi kita. Pembelajaran mengenai kesalahan yang dilakukan, memperbaikinya, dan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Menemukan kesalahan dan memperbaikinya sendiri, tentu lebih baik daripada kesalahan tersebut ditemukan dan diperbaiki orang lain. Akan beda hasilnya, dan pembelajaran yang didapat juga berbeda.

4. Berilah orang terdekat Anda untuk menilai

cara mengajari anak menulis

Jangan terlalu ambisius kalau tulisan pertama Anda bakal yang terbaik. Perasaan Anda memang mengatakan kalau tulisan Anda baik, namun hasilnya adalah orang lain yang membacanya.

Maka, langkah pertama cara menulis buku bagi pemula memberikan tulisan pertama Anda kepada orang terdekat. Baik itu kepada sahabat, orang tua, ataupun kekasih Anda. Biarkan mereka menilai tulisan Anda.

Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Karena merekalah nantinya yang akan membaca tulisan Anda. Mereka akan tahu mengenai kesalahan yang Anda buat. Mereka menilai secara subjektif maupun objektif mengenai tulisan Anda.

Kenapa tidak langsung memberikannya kepada editor? Jika Anda telah menulis ratusan kali boleh-boleh saja. Namun, untuk tulisan pertama kali sebaiknya jangan lakukan demikian. Biarkan dulu orang terdekat Anda yang menilai. Biarkan dulu orang terdekat Anda yang memberikan saran.

Hal tersebut sangat bermanfaat sekali. Selain itu, orang terdekat kita tahunya sudah tahu bagaimana cara memberikan kritikan yang membangun tapi tidak menyakitkan hati. Jika kritikan yang datang menyakitkan hati, takutnya akan menghancurkan niat untuk terus menulis. Padahal Anda sudah semangat menyelesaikan tulisan Anda. Dan tulisan Anda berhenti karena satu kata saja.

Orang terdekat Anda akan memberikan masukan yang halus. Terlepas bagaimana cara mengatakannya. Namun, bagaimanapun cara mereka mengatakannya, kemungkinan Anda tidak akan sakit hati.

Penutup

Yang pertama kali Anda lakukan mengenai cara menulis buku bagi pemula adalah kumpulkan niat. Namun, niat saja tidak cukup. Perlu yang namanya perbuatan. Namun, segeralah menulis. Biarkan jari jemari menari mengikuti irama imajinasi. Jangan pikirkan tulisan tersebut bagus atau tidak. Yang penting, teruslah menulis dan menulis. Apakah Anda tahu, seseorang yang profesional itu adalah mereka yang telah ribuan kali menulis?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here