6 Cara Menjadi Reseller Online Shop yang Sukses

Zaman sekarang ini dapat dikatakan berbisnis tidak lagi sulit. Ada yang berkata bisnis itu membutuhkan modal, memang iya. Namun jumlah modal yang dikeluarkan dapat ditekan seminimal mungkin. Tidak ada lagi rumus semakin besar modal semakin sukses. Sekarang ini juga bisa dengan modal kecil namun strategi bisnis yang baik mampu menjadi sukses. Nah, begitu juga dengan reseller online. Ada beberapa cara menjadi reseller online shop yang sukses.

Memang untuk memulai online shop membutuhkan modal. Namun modal yang dikeluarkan dapat ditekan seminimal mungkin. Hal ini karena sistem internet yang sudah canggih, sehingga kita tidak harus menyewa gedung untuk memulai usaha.

Namun, bukan berarti penggiat reseller online shop ini sedikit pesaing. Bisnis reseller online shop memiliki banyak sekali persaingan. Bahkan menjadi persaingan yang amat ketat. Bisa kita lihat dengan harga yang ditawarkan untuk satu barang dengan berbeda online shop. Perbedaan harganya nyaris sedikit saja, harganya sih murah namun perbedaannya hanyalah terpaut satu rupiah, sepuluh rupiah, seratus rupiah, atau seribu rupiah.

Cara Menjadi Reseller Online Shop

Nah, berikut 6 cara menjadi reseller online shop yang sukses.

1. Tentukan terlebih dahulu produk yang ditawarkan

Pertama tentukan terlebih dahulu produk apa yang akan ditawarkan. Hal ini penting sekali. Jangan sampai salah memilih produk yang ditawarkan karena akan berakibat fatal. Sebaiknya pilihlah produk yang memiliki harga kompetitif dan pelanggan yang banyak.

Jika diperhatikan perkembangan reseller online shop sekarang ini, ada dua kategori yang memiliki pelanggan banyak dan harga kompetitif yakni fashion dan teknologi. Memang sih, kebutuhan akan fashion dan teknologi tidak ada habisnya. Apalagi kedua kategori produk tersebut selalu berkembang mengikuti zaman.

Kategori fashion dan teknologi memiliki masa expired dalam waktu lama. Misalnya kalau membuka online shop mengenai kuliner, tentu memiliki masa expired yang rendah. Bisa jadi besok makanan tersebut sudah expired. Namun untuk fashion dan teknologi, bisa jadi masih ada pembeli untuk melihat produk tiga tahun lalu.

Namun kategori fashion dan teknologi ini memiliki persaingan harga yang sangat ketat. Karena tingginya persaingan, sehingga berbagai strategi ditempuh. Yang dibutuhkan di sini adalah harga yang kompetitif dan keunikan. Berikan keunikan tersendiri online shop yang hendak Anda dirikan. Bisa jadi dengan tagline yang unik, photo yang unik, deskripsi yang unik, dll.

2. Tetapkan harga yang murah

Salah satu kenapa banyak sekali orang lebih memilih belanja di toko online karena harga ditawarkan lumayan murah jika dibandingkan dengan toko offline. Hal ini bisa menjadi dua mata pisau. Satu memberikan keuntungan tersendiri bagi online shop, banyak pelanggan berarti banyak keuntungan namun bisa juga memberikan kerugian. Harga yang terlalu murah sehingga keuntungan yang didapat juga sedikit.

Jadi harus pintar-pintar menetapkan harga. Karena memang online shop ini modalnya bisa dibilang sedikit, kecuali online shop besar maka bisa ditentukan harga semurah mungkin. Bisa jadi di toko offline harganya satu jutaan namun di online shop hanya delapan ratus ribuan.

Cara menjadi reseller online shop sebaiknya menggunakan harga yang jujur. Jangan berusaha membohongi konsumen. Kalau sampai membohongi konsumen bisa tamat riwayat bisnis. Jangan sampai harga yang ditampilkan di online shop dan harga yang Anda sebutkan ketika pemesanan itu berbeda. Banyak kok kasus seperti ini. Di toko online shop dicantumkan harga Rp800.000 namun ketika ditanya pada saat chatting harganya naik menjadi Rp1.000.000, alasannya harga terbaru belum update di online shop.

3. Perhatikan kompetitor

Kalau melakukan bisnis jangan melihat diri sendiri. Perasaan sih toko online kita adalah yang terbaik dengan produk yang berkualitas dan harga murah. Sehingga lupa kalau ada kompetitor yang lebih baik.

Sebaiknya perhatikan juga kompetitor tapi jangan tiru. Misalnya si kompetitor menetapkan harga Rp80.000 untuk harga produknya dan deskripsi produk yang singkat lalu Anda menetapkan harga Rp80.000 dan deskripsi singkat juga, hal ini tidak efektif. Lihat kompetitor, perhatikan kelebihan dan kekurangannya. Gunakan kekurangan tersebut untuk meningkatkan bisnis online Anda. Misalnya kekurangan kompetitor terletak pada deskripsinya yang terbatas. Maka buatkan deskripsi produk yang lengkap banget.

Cara menjadi reseller online shop yang baik sebaiknya sering-sering melihat kompetitor. Perlu diperhatikan bukan hanya fokus pada satu kompetitor saja. Pastinya banyak kompetitor, sebaiknya perhatikan semua. Iya ya, memperhatikan semua kompetitor akan menghabiskan banyak waktu. Sepuluh kompetitor saja deh.

4. Gunakan strategi marketing yang sesuai

Misalnya Anda menawarkan produk fashion pria, jangan sampai salah memilih strategi marketing. Anda membuat iklan pada majalah wanita. Tentu saja ini tidak sesuai dan tidak tepat sasaran.

Cara menjadi reseller online shop sebaiknya peka dalam memilih strategi marketing yang sesuai. Produk Anda adalah fashion pria remaja sampai dewasa. Mungkin sebaiknya Anda menggunakan iklan online (facebook ads, google ads, twitter ads) dan perhatikan kelompok umur yang dituju. Perhatikan pula budget yang sesuai dengan Anda.

Jangan lupakan akan comment pada setiap pelanggan karena ini salah satu marketing yang baik. Jika testimoni yang dihasilkan sangat baik. Tentu akan menarik perhatikan pelanggan baru. Namun bila testimoni buruk, pelanggan akan kabur. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan kualitas barang, jujur masalah harga, serta berikan pelayanan terbaik.

Apakah boleh menggunakan iklan offline? Boleh-boleh saja, misalnya membuat brosur dan menyebarkannya. Namun sebaiknya harus matang dalam menerapkan strategi marketing. Jangan terlalu bernafsu, terburu-buru, hingga hasilnya kurang baik. Misalnya Anda membuat iklan online di facebook ads, dan Anda lupa menetapkan umur yang sesuai dan budget Anda. Alhasil penjualan tidak akan meningkat karena kebanyakan iklan yang ditampilkan salah sasaran.

5. Lakukan promosi di social media

Manfaatkan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Efektif

Zaman sekarang ini pertumbuhan social media sedang naik daun. Manfaatkan hal tersebut untuk melakukan promosi, baik itu gratis maupun berbayar. Baik untuk promosi di facebook, twitter, Instagram, dll.

Namun dalam melakukan promosi harus tepat. Jangan bernafsu, terburu-buru sehingga salah sasaran. Ada itu orang yang melakukan promosi tanpa memperhatikan waktu dan kondisi. Setiap waktu dia melakukan promosi mengenai produk online shop dia. Alhasil di social media penuh dengan promosi dia. Sehingga banyak orang yang mengabaikan iklan tersebut dan banyak juga unfollow dia.

Jangan terlalu sering mempromosikan di social media. Memang promosi di social media gampang banget. Hanya dengan gerakan jari saja, maka sudah dipromosikan. Namun jika setiap waktu promosi tentu akan berdampak buruk.

6. Jujur

Cara menjadi reseller online shop yang terakhir itu adalah jujur. Jujurlah dalam berdagang, memang kejujuran dalam berdagang itu sulit amat. Namun, jika kejujuran itu dijaga, maka kesuksesan dalam berdagang akan didapat.

Kalau memang kualitas barang tidak baik, jangan sampai disampaikan dalam deskripsi produk “barang terbaik”. Kalau memang barang tersebut tidak mendapatkan penghargaan top selling misalnya, jangan berikan label top selling di barang tersebut.

Banyak banget gitu kasus yang mana apa yang ditampilkan di toko online sangat berbeda dengan aslinya. Hal ini akan berdampak pada kepercayaan pelanggan. Toko online yang terbiasa melakukan penipuan lambat laun akan hancur dengan sendirinya.

Kejujuran akan berdagang itu sangat perlu. Sebenarnya kejujuran bukan hanya toko online sih, toko offline juga dan dalam kehidupan sehari-hari.

Dan juga, berikan pelayanan yang terbaik yang akan memuaskan pelanggan.

Penutup

Demikian cara menjadi reseller online shop yang sukses. Apalagi, jika Anda memiliki keinginan untuk membuat online shop, segera lakukan. Tips di atas hanyalah tips umum. Untuk mendapatkan tips khusus, tentunya didapat dengan langsung action. Jadi, jika Anda memiliki keinginan membuat online shop, segera realisasikan. Anda nantinya akan belajar dari pengalaman sehingga mendapatkan tips tersendiri yang akan membuat online shop Anda sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here