4 Cara Menentukan Jangka Waktu dalam Investasi Reksa Dana

Cara Menentukan Jangka Waktu dalam Investasi Reksa Dana

Berinvestasi jelas saja berpacu dengan waktu. Karena itu, penting untuk menentukan jangka waktu. Semua jenis investasi memang demikian. Ada yang menghasilkan return tinggi dalam waktu singkat namun risiko tinggi, namun ada pula yang menghasilkan return rendah, namun risiko rendah. Begitu juga dalam investasi reksa dana. Maka dari itu, perhatikan cara menentukan jangka waktu dalam investasi reksa dana.

Terkhusus untuk investasi reksa dana, tentu banyak sekali pilihan yang dapat dilakukan. Karena jenis investasi reksa dana beragam. Mulai dari:

  • Reksa dana pendapatan tetap.
  • Reksa dana saham
  • Reksa dana campuran

Masing-masing jenis reksa dana tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Tanpa mempersingkat kata, berikut 4 cara menentukan jangka waktu dalam investasi reksa dana.

1. Menyesuaikan Kebutuhan Masa Depan
Anda boleh menggunakan reksa dana untuk investasi jangka pendek, panjang, atau menengah. Sebelum memilih jenis jangka waktu tersebut, alangkah baiknya melihat penggunaan dari investasi tersebut. Jika ingin digunakan untuk biaya sekolah anak, padahal anak tersebut baru lahir, bisa dipilih investasi jangka panjang. Jika untuk kebutuhan menikah beberapa tahun ke depan, pilihlah investasi jangka pendek. Intinya, tergantung kebutuhan masa depan Anda.

2. Dana Tersebut Disimpan Lama atau Suatu Ketika Diambil
Perhatikan juga, apakah dana tersebut akan disimpan dalam waktu lama, atau bisa diambil suatu waktu. Ada beberapa orang yang menggunakan dana tabungan untuk investasi, ada juga yang memisahkannya. Jika Anda termasuk menggunakan tabungan untuk investasi, maka harus siap diambil ketika dibutuhkan.

3. Sesuaikan Jenis Reksa Dana
Ketika memilih jangka waktu, sebaiknya berkonsultasi dengan manager investasi agar diberikan instrumen yang paling sesuai dengan kondisi. Misalnya, menggunakan reksa dana pasar uang untuk jangka pendek, di bawah satu tahun, pendapatan tetap dalam jangka waktu 1 – 3 tahun. Reksa dana campuran dalam jangka waktu 3 – 5 tahun, atau reksa dana saham dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun.

4. Investasi Rutin atau Sekali Banyak
Lihat pula apakah investasi yang dilakukan rutin setiap bulan atau hanya sekali langsung dalam jumlah banyak. Hal tersebut juga memperhatikan dengan kondisi keuangan Anda dan tujuan Anda ke masa depan.

Baca juga: penjelasan singkat mengenai investasi reksa dana

Cara menentukan jangka waktu dalam investasi reksa dana adalah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai salah pilih, kalau perlu berkonsultasilah dengan manager investasi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here