Argon (Ar) Sifat, Manfaat, dan Cara Pembuatan

atom

Argon berada pada golongan VIII A atau golongan 18 pada periode ketiga. Maka sudah dipastikan kalau Argon berada pada golongan gas mulia. Memiliki nomor atom 18 dengan massa atom sekitar 39,948 g/mol.

Karena berbentuk gas, maka sudah dipastikan memiliki titik didih dan titik libur dibawah nol derajat. Titik didihnya berkisar -185,7oC sedangkan titik leburnya -189oC. Dan juga tidak berwarna.

Bersifat tidak reaktif, selain itu mudah larut di dalam air. Dengan demikian, sering digunakan untuk pengisi bola lampu serta pengisi gas ban pada mobil mewah. Namun memiliki kelemahan karena unsur ini dapat menggantikan Oksigen. Maksudnya, pada ruangan tertutup, jika unsur ini ada, maka yang kita hirup bukan Oksigen, namun Argon seutuhnya. Sehingga kita akan lemas.

Oh iya, unsur ini tercipta karena aktivitas sinar kosmik. Sinar kosmik adalah radiasi dari partikel bermuatan yang memiliki energi tinggi berasal dari luar atmosfir Bumi. Perlu untuk diketahui, sinar kosmik ini dapat berupa elektron, proton, dan juga inti atom, atau sesuatu yang lebih berat. Sinar kosmik itu berasal dari proses energi tinggi, contohnya Supernova. 90% sinar kosmik yang sampai ke Bumi adalah proton, 9% partikel alfa, dan 1% adalah elektron.

Argon (Ar)

Berikut kesimpulan dari unsur Ar.

Sifat
Tidak reaktif dan mudah larut dalam air.

Manfaat
Digunakan sebagai gas inert pengisi bola lampu, perisai gas inert untuk memotong logam, serta gas pengisi ban mobil-mobil mewah.

Keberadaan di alam
Dalam atmosfir bumi, Ar-39 tercipta oleh aktivitas sinar kosmik. Argon-37 dihasilkan dari peluruhan kalsium-40, hasil dari ledakan nuklir bawah tanah. Argon juga hadir dalam sebagian mineral kalium karena peluruhan radioaktif isotop kalium-40.

Cara pembuatan
Argon dibuat dengan cara destilasi udara cair.

Kelemahan
Ar bisa terhirup dan masuk ke dalam tubuh. Jika terhirup pada udara tertutup, korban bisa lemas karena kekurangan oksigen akibat didesak oleh argon.

Penemu
Sir Ramsay

Tahun
1894

Nomor Atom 18
Massa Atom 39,948 g/mol
Golongan VIII A
Periode 3
Konfigurasi Elektron [Ne] 3s3p6
Elektron Valensi 8
Bilangan Oksidasi
Titik Lebur -189oC
Titik Didih -185,7oC
Massa Jenis 1,40 g/ml
Wujud Gas
Warna Tidak berwarna
Struktur Kristal Orthorhombic
Jenis Unsur Gas mulia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here