5 Tips Untuk Anda Agar Gaji Tidak Cepat Habis

5 Tips Mengelola keuangan Bagi Pasangan Muda Secara tepat

Hmm …. Apakah Anda mengalami hal tersebut? Gaji Anda cepat sekali habis. Belum juga akhir bulan sudah habis duluan. Nah … pertanyaannya? Ke mana Anda gunakan uang gajian tersebut? Hal tersebut pastinya sangat merepotkan bukan? Apalagi pas akhir bulan haji sudah habis. Maka dari itu, ada 5 tips untuk Anda agar gaji tidak cepat habis.

Ya … baik banyak atau sedikit gaji Anda. Prinsipnya, gaji Anda pasti dirasa sedikit. Selalu saja ingin banyak gaji. Ya … mau seberapa banyak pun gaji Anda, tetap akan percuma jika gaji Anda cepat habis.

Nah tanpa mempersingkat kata, berikut 5 tips untuk Anda agar gaji tidak cepat habis.

1. Mulailah Bagi dan Atur Gaji Bulanan

Satu minggu atau beberapa hari sebelum gajian, mulailah menulis perencanaan keuangan. Bisa di buku atau di komputer, terserah Anda. Pokoknya mulailah mengatur gaji bulanan Anda.

Secara sederhana, gaji Anda mencakup 3 hal berikut. Hidup rutin (living) 50%, tabungan dan investasi (saving) 30%, serta bersenang-senang (playing) 20%. Jika Anda memiliki cicilan pinjaman rumah, maka dana ini dialokasikan sebagian porsi investasi dan bersenang-senang. Jika Anda memiliki cicilan atas utang kartu kredit, maka dana pembayaran harus diambil dari porsi bersenang-senang.

2. Menggunakan Rekening Tabungan Secara Terpisah

Hal ini cukup efektif loh. gunanya sangat banyak, selain mengatur keuangan juga bisa membuat Anda tidak gatal mengambil uang.

Untuk 3 hal yang sudah disebutkan, living, investasi, dan playing. Mulailah pisah rekening masing-masing.

3. Membuat Prioritas Tujuan Keuangan

Banyak keinginan tapi sedikit sumber dana merupakan hal yang wajar. Namanya juga manusia. Maka dari sekian banyak keinginan tersebut, mulailah memilah-milah. Mana yang prioritas mana yang tidak butuh. Beberapa saran untuk Anda, mulailah dahulukan membayar cicilan, penuhi buaya hidup, dan investasi.

4. Batasi Pengambilan Uang di ATM

Salah satu kelemahan ATM adalah karena mudahnya pengambilan uang. Tidak perlu mengantri berjam-jam. Dan akibatnya, terkadang Anda tidak bisa mengontrol pengambilan tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya mulailah batasi diri Anda. Buat jadwal kapan Anda ke ATM. Bisa seminggu sekali atau sebulan sekali.

5. Pikirkan Tujuan Jangka Pendek

Yap, selain untuk berinvestasi atau menabung. Pikirkan juga tujuan jangka pendek. Tujuan yang akan dinikmati dalam waktu dekat. Misal, dalam tiga bulan ini, saya bisa beli playstation 4 (the sesat ways). Hahaha, selain investasi, tujuan jangka pendek juga pikirkan ya.

Demikianlah 5 tips untuk Anda agar gaji tidak cepat habis. Semoga bisa membantu Anda dan hidup lebih baik dari sebelumnya.

~amrudly

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here